Rabu, 09 Juni 2010

Biografi Hitler


Bab 1 - Pendahuluan

Betapapun dianggap bertanggung jawab atas kematian puluhan juta jiwa selama PD 2, HItler akan tetap tercatat sebagai penetu sejarah dunia. Ia adalah satu dari banyak tentara rendahan yang bisa menghantui dunia, kemampuannya untuk membawa Jerman keluar dari cengkraman sekutu sesudah PD 1, dan bahkan bangkit manguasai Eropa. Sebuah kemampuan yang bahkan kecil kemungkinanya untuk dilakukan oleh jendral sekutu.
Tak heran bila di hari-hari kemudian banyak orang yang berusah untuk membedah profil Hitler lebih mendalam. Nazi adalah sebuah nama partai yang ia pimpin di masa lalu. Serta The Third Reich, yang menjadi visi masa depan yang ia perjuangkan. Hitler adalah sosok sentral yang jauh lebih fenomenal dibanding siapapun pada masa Perang Dunia 2.
Banyak orang yang menilai tentang kepribadian dirinya, ada yang menyebutnya sebagai nasionalis sejati, orator yang sanggup mempengruhi, penjahat perang yang sadis dan bengis, bahkan psikopat. Namun ada yang juga yang menyebutnya sebagai pemimpin yang agung dan lembut, serta teman yang kebapakan. kepribadiannya amat variatif.
Alasan apapun yang dapat menjelaskan mengapa ia harus bunuh diri di ujung kehancuran Jerman. Nazi harus berakhir bagai sebuah kisah besar yang tragis dan ironis. Dia lah yang mampu membawa keluar rakyatnya dari depresi ekonomi hebat, bahkan membangun angkatan perang tertangguh di Eropa. Namun ia lebih memilih mati bunuh diri dengan cara menelan racun dan menembakkan pistol ke mulut bersama istrinya Eva Braun di sebuah bungker bawah tanah kota Berlin tanggal 30 April 1945, saat ia tahu musuh abadinya Russia telah berhasil menguasai Berlin. Ia pernah berkata pada Perwira dan dokter yang terakhir kali bersamanya "saya lebih merasa terhormat mati bunuh diri daripada harus menyerah kepada tentara Rusia ataupun dihadapkan pada pengadilan perang"
Visinya yang megalomania, membuat orang banyak berpendapat bahwa Hitler yang secara intelegensia pas-pasan, punya ambisi yang luar biasa. Ia pun berpendapat bahwa Jerman harus menjadi LORD OF THE EARTH, maka ia bermimpi untuk kembali membawa Jerman ke masa kajayaan Imperium Roma yang pernah berkuasa antara 962-1806. Pada saat itu Jerman hampir menguasai seluruh benua Eropa, wilayah Jerman membentang dari wilayah Deutchland, Austria, Swiss, Liechtenstein, Belgia, Belanda, Luxemburg, Czechoslovakia, Slovenia, bagian timur Perancis, utara Italia, dan Barat Polandia. Setelah 12 tahun ia berkiprah, akhirnya seluruh daratan Eropa ada dalam kekuasaannya.
Banyak hal yang harus dia lakukan untuk memperoleh kejayaan, seperti menaklukkan Russia (38 juta jiwa dikabarkan tewas, baik sipil maupun tentara) saat cuaca tak bersahabat, membunuh semua lawan politik, dan membunuh kaum Yahudi yang ia anggap sebagai "pengkhianat" karena mengakibatkan Jerman kalah dalam PD 1, serta mengatakan bahwa ras Arya adalah ras tertinggi didunia. Kasus-kasus megalomania Hitler adalah kasus paling ekstrim selama masa modern.

Bab 2 – Biografi

2.A - Masa kecil dan Remaja

Adolf Hitler di lahirkan di Gasthof zum Pommer, sebuah penginapan di Braunau am Inn, Austria sebagai anak keempat dari enam bersaudara. Pada 20 April 1889 dari seorang ayah bernama Alois Hitler (1837–1903), yang seorang pensiunan pegawai bea cukai, sedangkan ibunya, Klara Pƶlzl (1860–1907), adalah istri ketiga Alois. Dan ia beristrikan Eva Braun sesaat sebelum ia wafat. Mengikuti ayahnya yang berpindah mukim ke Passau, Lambach, Leonding, dan Linz, Hitler kecil tumbuh di kota Lambach. Disini ia banyak menghabiskan waktu di sekolah biara Katolik. Kedekatannya dengan biara membuatnya bercita-cita menjadi seorang biarawan, yang melayani sekolah tersebut.
Hitler yang beranjak remaja dikenal pemalas meskipun sebetulnya ia cerdas. Ia orang yang betipikal tak suka menerima nasihat atau kritik, namun menuntut teman-teman sebayanya untuk tunduk dan patuh padanya. Hitler kecil merupakan pelajar yang baik pada waktu bersekolah pada sekolah menengah pertama (elementary school). Namun pada kelas enam, tahun pertamanya di sekolah menengah atas (high school), ia gagal dan harus mengulang kelas. Hitler kelak menyatakan bahwa kegagalan itu disebabkan pemberontakan atas ayahnya, yang menginginkan Adolf Hitler mengikutinya berkarir sebagai pegawai bea cukai. Setelah Alois meninggal pada 3 Januari 1903, tidak ada perkembangan berarti dalam pendidikannya di sekolah. Pada usia 16, ia keluar dari sekolah tanpa gelar apapun.
Namun saat beranjak dewasa ia segera melupakan cita-cita konyol tersebut (sebagai Biarawan). Ia ingin menjadi seorang seniman (pelukis). Untuk itu ia segera berangkat ke Wina, mencoba keberuntungan mendaftar pada sebuah universitas seni, namun Ia ditolak dua kali oleh Akademi Seni Wina (1907–1908). Pada 21 Desember 1907, ibu Hitler meninggal karena kanker payudara pada usia 47 tahun. Diperintahkan oleh pengadilan Linz, Hitler memberikan bagiannya atas pensiun ayahnya (sebagai anak yatim) kepada saudara perempuannya Paula. Ketika dia berumur 21, ia memperoleh warisan dari seorang bibinya.
Hitler terus berjuang sebagai pelukis di Wina, menyalin gambar dari kartu pos dan menjual lukisannya pada turis. Setelah ditolak untuk kedua kalinya pada sekolah seni, Hitler kehabisan uang. Pada 1909, ia hidup di penampungan untuk tunawisma. Hitler menerima bagian terakhir dari kekayaan ayahnya pada bulan Mei 1913 dan pindah ke Munich. Kepindahan Hitler ke Munich juga membantunya menghindar dari wajib militer di Austria tetapi tentara Austria akhirnya berhasil menangkapnya. Setelah pemeriksaan fisik, Hitler dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk menjalani wajib militer dan diizinkan kembali ke Munich.
Tetapi, ketika Jerman memasuki kancah Perang Dunia I pada Agustus 1914, Hitler mengajukan petisi kepada Raja Ludwig III Bavaria untuk mengizinkannya bertugas dalam resimen Bavaria. Petisi ini dikabulkan, dan Adolf Hitler tercatat dalam ketentaraan Bavaria. Yang satu ini bisa di lakoni tampa banyak masalah, ia mendaftar dan langsung dikirim ke medan pertempuran, serta mencapai pangkat Gefreiter (prajurit). Ia bertugas sebagai pengantar pesan pada pasukan Infanteri Resimen Bavaria ke-16. Saat itu usianya baru 25 tahun. Sebagai seorang prajurit ia menunjukan disiplin dan semangat tinggi, sesuatu yang tak dimilikinya saat masa remaja.
Ia terlibat dalam sejumlah pertempuran besar di Front Barat, termasuk Pertempuran Ypres, Pertempuran Somme dan Pertempuran Passchendaele. Pertempuran Ypres (Oktober 1914), yang dikenal di Jerman sebagai Kindermord bei Ypern (Pembantaian atas Orang Tak Bersalah), mengorbankan sekitar 40.000 orang (antara sepertiga hingga setengah).
Entah kebetulan entah tidak, sejak gabung di kemiliteran kehidupan Hitler selalu diliputi keberuntungan. Misal : ketika resimennya terlibat pertempuran hebat dengan pasukan Inggris den Belgia di Leper. Dari 3000 anggota pasukan Jerman, 2500 orang diantaranya tewas (dari sembilan infantri yang ada terbunuh dalam 20 hari, dan kompi Hitler sendiri berkurang dari 250 menjadi 42 orang), luka-luka, atau hilang. Dan Hitler termasuk bagian kecil dari orang yang selamat tanpa menderita luka yang berarti. Padahal tempat ia berdiri beberapa kali dihujani bom, dan hebatnya ia selalu berpindah beberapa detik sebelum bom jatuh ditemapt tersebut.
Luka pertama didapatkannya ketika terjun dalam medan perang di Somme, 7 Oktober 1916. luka yang di derita adalah akibat terkena pecahan mortir. Hitler dua kali memperoleh bintang jasa atas keberaniannya. Ia menerima bintang jasa Iron Cross, Kelas Kedua pada 1914 dan bintang jasa Iron Cross, Kelas Pertama pada 1918, sebuah kehormatan yang jarang diterima oleh seorang Gefreiter. Namun karena staf resimen berpikir Hitler kurang memiliki kecakapan memimpin, ia tidak pernah dipromosikan menjadi Unteroffizier (setara kopral Inggris). Sejarahwan yang lain mengatakan ia tidak dipromosikan karena ia tidak berkewarganegaraan Jerman.
Hitler terkena serangan gas di front barat pada 15 Oktober 1918, ia menderita kebutaan sementara akibat gas klorin yang di tembakkan tentara Inggris. Ketika ia masih di rawat di front belakang, Jerman pun menyerah pada sekutu melalui Perjanjian Versailles, dengan harus menangung beban kekacauan yang besar di dalam negerinya. Singkat cerita, terjadi revolusi, Kaisar Wilhem harus turun tahta dan kekaisaran digantikan oleh Republik Weimar yang lemah dengan Friedrich Ebert sebagai kanselir sekaligus Presiden Jerman.

2.B - Masa Perjuangan Awal Hitler

Sementara itu Hitler sendiri seusai perang begabung dalam partai Deutsche Arbeiterpartei (DAP), sebuah partai kecil yang didirikan oleh Anton Drexler, dan Ernst Roehm. Namun kehadiran Hitler disini bukanlah karena keinginannya sendiri, melainkan ia disusupkan oleh angkatan darat Jerman sebagai Intel untuk mengawasi kegiatan partai tersebut. Namun pengawasan justru menjadi boomerang, ia justru tertarik dan ikut aktif berorasi karena di dalam partai ini, lamunan Hitler yang nasionalistik tersalur karena partai ini beraliran paham yang membenci kaum marxist serta yahudi kapitalis. Selain itu melalui partai ini ia dapat mengakomodir obsesi pribadinya untuk mengkritik pemerintahan Weimar yang lemah, yang dengan begitu saja mau menyerah dan tunduk menandatangani perjanjian Versailles 1919.
Karena memiliki kepandaian berpidato yang sangat luar biasa dan ideologinya yang sangat nasionalistik, kariernya di dalam partai ini meningkat pesat dan menarik banyak perhatian. Ia mengatakan bahwa kemampuannya berpidato dengan kekutan vokalnya yang istimewa sudah terasah sejak kecil, sewaktu ia menjadi anggota paduan suara anak-anak di gereja. Dengan cepat popularitas partai ini meningkat pesat, dari semula hanya berjumlah puluhan orang menjadi ratusan dan ribuan hanya dalam waktu 2 bulan.
Drexler sendiri posisinya mulai terancam dengan melajunya Hitler, Drexler yang pernah menjuluki Hitler sebagai “orang kecil yang absurd” akhirnya harus mengakui posisi Hitler yang semakin dominan di dalam partai yang dibentuknya. Sadar bahwa dirinya makin populer Hitler sempat mangajukan nama partai Revolusioner Sosialis, namun ditolak. Tak suka keinginannya ditolak, ia berencana mengambil alih kepemimpinan dan merombak partai sesuai formatnya.
Tidak lama kemudian, tepatnya tanggal 29 Juli 1921 Hitler terpilih sebagai ketua DAP, lalu ia merubah nama partai tersebut menjadi NSDAP (National Sozialistische Deutsche Arbeiterpartei) yang sering disingkat NAZI, yang kemudian mengubah aliran partai tersebut menjadi radikal dan revolusioner. Namun selama memimpin partai ini ia dikenal sebagai orang yang kharismatis. Di partai ini, ia sesungguhnya tercatat sebagai anggota yang ke-555. Namun setelah menjadi pemimpin, karena menganggap dirinya berperan besar dalam kemajuan partai dan terhormat, ia lalu memajukan urutan nomor keanggotaannya menjadi nomor 7 agar terkesan sebagai pendiri partai yang cemerlang.
Hitler berambisi agar partai dapat segera berkembang pesat, dan ia menemukan teman yaitu Ernst Roehm yang sedia bergabung dengan Nazi, karena milisi yang dibentuknya dibubarkan pemerintah. Roehm sangat membantu karena ia memperkenalkan Hitler kepada para tokoh berpengaruh, dan hal ini mengangkat kredibilitas partai Nazi terhadap masyarakat.
Hitler pun mulai berusaha membangun citra partai dengan memperkenalkan lambang-lambang kepartaian seperti swastika, dan seragam partai yang bak kaum militer. Hitler dengan kemampuannya berorasi dan berpidato terus menerus berkampanye, membangun semangat patriotisme keJermanan dengan menghasut anggotanya untuk melawan kaum sayap kiri seperti Komunis dan social democrat, disamping dengan kaum kapitalis Yahudi konfrontasi fisik juga sering terjadi kepada musuh politik Nazi, yang bertentangan pahamnya dengan fasisme.

2.C - Masa Pendakian Menuju Puncak

Pada tanggal 14-15 oktober 1922, Hitler beserta pasukannya untuk pertama kalinya melakukan percobaan melawan musuh politiknya di kota Coburg. Saat itu Hitler diundang untuk berpidato, singkatnya ia tiba di kota Marxist tersebut dari Munchen dengan kereta. Dengan segala perlengkapan lengkap Nazi, mereka dilarang masuk ke pusat kota, namun justru rakyat daerah tersebut malah mendukung Nazi. Pada malam itu Hitler berpidato di balai kota Coburg, dan ini merupakan kemenangan politik perdana Hitler, karena rakyat daerah tersebut mendukung Hitler dan pasukannya.
Januari 1923, di bawah slogan Deutschland Erwache atau Jerman bangkit di selenggarakkan apel besar partai Nazi di kota Munich, di sini Hitler sebagai pemimpin memproklamirkan bahwa Swastika adalah lambang nasional Jerman masa depan. Dengan ini sudah dapat ditebak bahwa Hitler berhasrat untuk berkuasa di kemudian hari.
Dengan semakin kerasnya persaingan politik, Hitler menghendaki untuk membentuk pengawal pribadi yang bertugas melindungi para petinggi Nazi, termasuk dirinya sendiri. Oleh karena SA (Strumabteilung) yang dipimpin oleh Roehm lebih loyal kepada Roehm di banding Hitler, maka Hitler membentuk SS (Schutzstaffel) yang kemudian di pimpin oleh Heinrich Himmler.
Setelah melihat kesuksesan dalam membangun partainya, Hitler kini kian bernafsu untuk menjajal kekuatannya untuk pemerintah Negara bagian Bavaria. Rupanya dia terpengaruh oleh Mussolini yang pada oktober 1922 berhasil mengambil alih kekuasaan di Italia dengan partai fasisnya dengan cara menembus kota Roma. Lalu Hitler berpikir, “kalau Mussolini bisa kenapa saya tidak ?” apalagi kondisi jerman saat itu memungkinkan untuk terjadinya perebutan kekuasaan. Terjadinya percobaan perebutan kekuasaan oleh kaum Komunis, dan berhasil diredam sementara oleh pemerintah. Karena Republic Weimar sangat lemah, maka digunakan oleh Nazi untuk merebut kekuasaan, dengan alasan membantu pemerintah Nazi menghabisi lawan politiknya yang berasal dari kaum sosialis dan komunis.
Pada 9 November 1923, pemimpin Bavaria akan berpidato di Berr hall di Munchen. Namun ternyata justru Hitlerlah yang naik ke podium sambil menembakkan pistol ke atas dan berkata "Revolusi National telah dimulai pemerintahan Bavaria dan Reich telah dilumpuhkan dan akan dibentuk pemerintahan sementara." Publik tak tahu bahwa yang diteriakan itu hanya gertak sambal, lalu Hitler menyandra tiga pemimpin Bavaria, yaitu Gustav von Kahr, Jendral Otto van Lossow, dan Hans von Seisser. namun diluar gedung terjadi keributan antara pasukan SA dengan pasukan militer Jerman. Hitlerpun keluar untuk meredam situasi.
Beberapa hari setelahnya, HItler bersama Jendral Ludeendorff, melakukan pawai besar-besaran di Munich bersama ribuan pendukungnya. Mereka semua memakai lambang Swastika yang diikat di lengan kiri. Namun hal tersebut dihadang oleh Militer Jerman, dan terjadi tembak menembak, beberapa teman Hitler ada yang tertembak. bahkan Luddendorff tewas karena melindungi Hitler dari tembakkan. Usaha kudeta pun gagal, para pemimpin Nazi tertangkap termasuk Hitler. Dan partai Hitler, NSDAP di bubarkan, dan pemerintah mengecam dan menghukum berat siapa pun yang berniat melanjutkan kegiatan partai tersebut.
Kemudian, 2 hari setelah Putsch Hitler dimasukkan ke penjara Landsberg di sel no 7, yang memungkinkan untuk terus diawasi oleh penjaga. Bulan Februari 1924, sidang pengadilan mengenai para tersangka Putsch di mulai, mereka terkena tuduhan berat karena dianggap makar dan berkhianat terhadap konstitusi Negara. Namun hukuman yang diberikan jauh lebih ringan dari tuduhan, yaitu 5 tahun penjara, alasannya karena hakim yang mengadili juga berpaham nasionalis. Namun kenyataannya Hitler menghuni penjara hanya 9 bulan. dan selama waktu itu lah ia membuat buku yang berjudul Mein Kampf (perjuangan ku). Karena tak bisa menulis, ia pun mendiktekan temannya Rudolf Hess, untuk menuliskan bukunya. Di buku ini tertulis segala impian, harapan, dan hal-hal yang sudah dilakukan Hitler. Setelah ia menjadi Kanselir, buku ini terjual jutaan kopi. buku ini pun juga dijadikan sebagai bahan pembelajaran di sekola-sekolah, bahkan menjadi kitab kaum Nazi.
Dalam bukunya Mein Kampf, Hitler mengatakan bahwa ras bangsa Jerman yaitu Arya adalah ras paling unggul di muka bumi. dan juga mengatakan bahwa prinsip demokrasi hanya sebuah omong kosong belaka. Namun Anehnya jutaan warga Jerman yang mendukung Hitler secara fanatik percaya dan mendukung akan semua konsepsi Hitler yang ditulis dalam bukunya, dengan segala konsekuensinya. Hitler sebetulnya hanya menitikberatkan pada urusan politik, baginya urusan ekonomi bukanlah urusan negara, melainkan urusan masing masing individu. Hitler memandang bahwa ras dan bangsa Perancis adalah halangan terberat,oleh karena itu ia mengkomandokan untuk berekspansi ke arah timur. Karena baginya ras Russia dan Slavia adalah ras rendahan yang harus dimusnahkan.
Lebenstraum atau ruang hidup benar-benar menjadi obsesinya, bahkan sampai saat terakhirnya. Ia menyalahkan Jerman masa lalu yang jauh-jauh berekspansi ke koloni-koloni di Afrika dan Pasifik. Hitler menegaskan bahwa politik territorial haruslah di Eropa sendiri, dan sekalipun semuanya telah berisi banyak Negara, namun akhirnya yang berhak menguasai hanyalah bangsa yang punya kekuatan untuk memaksakan kekuasaannya.
Hitler bermimpi bahwa hanya dengan kecukupan ruang hidup, maka terjaminlah suatu bangsa untuk bebas bereksistensi. Untuk itulah partai Nazi harus punya keberanian untuk memimpin Jerman agar tetap maju, yang akan membawa mereka dari ruang hidupnya yang terbatas sekarang ke tanah yang baru. “jika kita berbicara soal tanah Eropa sekarang, maka dalam pikiran kita terutama hanyalah Russia dan Negara vasalnya di perbatasannya” demikianlah disebut oleh Hitler dalam bukunya. Dengan impinannya itulah mengapa Nazi jerman dengan mudah melakukan Anschluss atau pencaplokkan ke Negara lain disekitarnya.

2.D - Masa Keemasan Hitler

Selama hitler dan teman-temannya di penjara, NSDAP dibubarkan. Anggotanyapun tercerai berai. Namun salah satu anggotanya dan pengikut Hitler yang fanatik Julius Streitcher, membentuk partai baru VFB sebagai bayangan NSDAP. Namun kehancuran Nazi tak berlangsung lama, karena tanggal 20 Desember 1924 Hitler bebas, dan ia terancam dideportasi ke Austria. Kondisi Jerman saat itu sedikit membaik karena inflasi terhenti, modal dari Amerika masuk, dan Perancis keluar dari wilayah yang didudukinya di Ruhr. Tanggal 27 Februari 1925 Hitler dan Partai NSDAP kembali hidup, maka VFB pun dibubarkan. Maka HItler pun mengubah cara kekerasan dengan cara yang konstitusional yaitu lewat Reichstag (parlemen). Dan pada pemilu NSDAP mendapat 12 kursi DPR,dari 491 kursi yang tersedia. Namun setelah mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak, maka pada pemilu berikutnya NSDAP mendapat 107 kursi. NSDAP pun punya seorang ahli propaganda yang licik dan mematikan yaitu Goebless.

Nazi barupun semakin kuat dengan dukungan militer SS dan SA. dan pada pemilu 1932, NSDAP mendapat 207 kursi DPR dan Hitler sang pemimpin langsung menuntut sebagai Kanselir.
Namun pada pemilu lanjutan akhir 1932 suara NSDAP merosot jadi 197 kursi. Jendral Kurt von Schleicher terpilih sebagai Kanselir, namun ia hanya bertahan selama 57 hari karena digulingkan Franz von Papen yang bekerjasama dengan Hitler. Sekarang tinggal 2 nama tersisa sebagai Kanselir von Papen atau Hitler. Dan ternyata Hitler yang dipilih oleh presiden Hindenburg. Dan pada tanggal 2 agustus 1934, Hitler menjadi penguasa tunggal di Jerman Setelah presiden Hindennurg wafat karena sakit.
Setelah menjadi kanselir ia langsung menghabisi semua lawan politiknya termasuk komunis dan Yahudi. Jerman terus dinazikan apalagi Nazi punya ahli propaganda yaitu Goebless.Kekuatan militerpun dibangun dengan melanggar perjanjian versailes, tujuannya adalah untuk mewujudkan impian HItler, bahkan semua tentara reguler Jerman diangkat sumpahnya sebagai pengawal pribadi Hitler. Kediktatoran di Jerman pun tak dapat dihindari. Nazi membentuk Gestapo (polisi rahasia) untuk membunuh semua lawan politik yang bertentangan.
Untuk menjamin kelanggengan partai Nazi dan pemerintahannya maka Hitler dengan trampilnya menempatkan para loyalis dan orang-orang yang tepat pada organisasi ini. Orang-orang pilihan ini disebut Gauleiters. Kehadiran mereka makin merasuk ke berbagai lapisan masyarakat terutama setelah Hitler menjadi kanselir. Bahkan Hitler juga menjalankan politik cuci otak (Gleichschaltung) dengan mempercayakan Goebbles sebagai aktornya. Dengan di bentuknya kelompok-kelompok pengawasan seperti Hitlerjugend untuk usia 10-18 tahun, Bund Deutchser Madel untuk gadis dan Kraft Durch Freude untuk buruh, tujuannya tak lain adalah agar tak ada yang menyimpang dari ajaran Nazi. Maka Hitler semakin kokoh sebagai dictator.
Pada 27 Februari 1933 gedung Reichstag/DPR terbakar, penyebab kebaran tidak dikeahui secara pasti dan pelaku pembakaran pun tak jelas, namun kambing hitam mudah dicari. Hitler mengatakan bahwa kejadian itu adalah ulah teroris dan seorang muda Belanda Van der Lubbe dituding sebagai pelaku, lalu dihukum pancung. Akibatnya Hitler diperkenankan oleh parlemen untuk memberlakukan berbagai aturan yang berkaitan dengan keamanan Negara sesuai kehendaknya.
Pada 23 maret 1933, Hitler memerintahkan untuk membuat berbagai UU demi kepentingan Nazi, dengan cara ini Hitler telah menjadi dictator tunggal di jerman apalagi setelah disahkannya UU yang berbunyi “DPR memberi kewenagan kepada kanselir untuk menyusun UU atau peraturan lain yang tidak harus sejalan dengan konstitusi, dan tanpa persetujuan dari parlemen”.
Kegiatan yang di perintahkan oleh Hitler semakin ekstrim, yaitu dengan membuat propaganda bahwa hanya Nazi lah satu-satunya partai politik yang ada di Jerman, serta Nazisme adalah satu-satunya ideology yang harus dianut di Jerman. Selain itu Nazi juga menyensor seluruh media masa, buku, dan lainnya. Dan yang bertentagan dengan Nazi akan dimusnahkan. Nazi sangat represif terhadap hal-hal yang dapat menyebabkan pembangkangan.
Pada 30 juni 1934, Hitler dipusingkan oleh pasukan SA yang tak loyal, dan akhirnya ia memerintahkan Goebbles mengirim kode pembersihan. Setelah itu seluruh pasukan SA di tangkap dan dikirim ke sekolah kadet militer di Licherfelde, lalu semuanya ditembak mati di tempat. Jumlahnya mencapai ratusan orang, adapun pemimipin SA, Roehm di tembak mati juga setelah dipaksa untuk bunuh diri namun ia menolak.
Selama menjadi kanselir ia sangat terobsesi dengan teori evolusi Charles Darwin. Salah satu prinsip yang menginspirasinya adalah “bahwa setiap makhluk hidup harus bertarung demi mempertahankan hidupnya”. Prinsip ini pun di terapkannya dengan memulai penyerangan dan pencaplokkan wilayah terhadap Negara tetangganya. Kemenangan demi kemenangan terus dipanen, hal inilah yang membuat Hitler besar kepala dan berambisi menguasai dunia.
Selain itu ia juga menerapkan konsep Eugenetika, Eugenetika berarti perbaikkan ras manusia dengan memperbanyak individu-individu yang sehat dan membuang individu yang cacat atau sakit. Dan individu yang sehat bisa dihasilkan dari perkawinan individu yang sehat pula. Hitler menerapkan konsep tersebut dengan tangan besi. Dan hasilnya sangat mengerikan, orang-orang lanjut usia, cacat fisik dan mental, serta penyakitan dari seluruh Jerman dalam satu pusat sterillisasi khusus. Disini mereka dihabisi karena dianggap sebagai parasit. Untuk mendapatkan ras Arya yang murni, ia menganjurkan pemuda-pemudi Jerman yang berambut blonde (pirang) dan bermata biru untuk melakukan hubungan seks bebas.
Hingga 1935, sebagai seorang dictator ia mendirikan ladang-ladang khusus reproduksi manusia. Di dalamnya pemudi-pemudi Jerman dikumpulkan dan harus melayani setiap pria ras Arya yang masuk, demi kepentingan mendapatkan keturunan yang unggul. Yang lebih gila, ukuran tengkorak manusia Jerman, terutama bayi yang baru lahir juga diukur. Ini karena menurut teori Darwin, volume otak manusia hidup akan membesar saat menaiki tanga evolusi. Akibatnya, bayi yang mempunyai volume otak yang tak sesuai, harus segera disingkirkan. Dengan demikian, akan didapat manusia yang benar-benar sempurna untuk dijadikan prajurit masa depan Jerman menurut prinsip Hitler.
Tahun 1936, Hitler menyelenggarakan Olimpiade musim panas di Berlin yang merupakan bagian dari propagandanya. Bahkan tahun itu pula dunia melihgat aksi Hitler yang memerintahkan secara terang-terangan kepada pasukan militernya untuk memasuki wilayah Rhineland, yang sejak PD I merupakan wilayah bebas militer. Hitler berpesan pada pasukannya, “bila Perancis bertindak maka sebaiknya kita mundur dahulu”. Namun ternyata Perancis tak berbuat apapun.
Di tahun ini pula Hitler memperkenalkan senjata-senjata buatan Jerman serta membantu Jendral Fransisco Franco yang beraliran fasis di Spanyol, sekaligus menguji kemampuan senjata barunya. Hitler juga semakin mempererat hubungannya dengan rezim fasisme Italia pimpinan Mussolini dengan membentuk As Berlin-Roma. Dan tahun 1938 untuk mendapat kesetian penuh angkatan bersenjata, ia mengganti 2 pimpinan militer yaitu Marsekal Werner von Blomberg dan Jendral Warner von Fristch dengan orang Nazi.

Hitler dengan ambisinya yang menggebu-gebu dan semakin menggila, pada rentang waktu tahun 1938-1939 Hitler memerintahkan militer untuk menguasai wilayah Austria, dan Chezcslovakia, sementara Inggris dan Perancis hanya bisa diam. Bersamaan dengan itu Hitler juga memerintahkan untuk menduduki wilayah Bohemia dan Moravia. Sementara itu pemusnahan terhadap kaum Yahudi terus di jalankan pada setiap tempat yang dikuasainya. Bulan agustus 1939, Hitler mengadakan perjanjian non-agresi dengan pemimpin Soviet Russia, ini berarti bahwa nasib Polandia di ujung tanduk. Benar saja setelah seminggu perjanjian disepakati Hitler memerintahkan untuk menyerang polandia pada 1 September 1939 dengan cara membongkar paksa palang perbatasan antara Jerman dan Polandia, Inggris dan Perancis yang geram akhirnya mengumumkan perang terbuka pada Jerman dan meletuslah Perang Dunia Ke-2. Tahun puncak kehebatan Hitler adalah tahun 1940. Bulan April, Angkatan Bersenjatanya melabrak Denmark dan Norwegia.
Bulan Mei, dia menerjang Negeri Belanda, Belgia, dan Luxemburg. Bulan Juni, Perancis tekuk lutut. Tetapi pada tahun itu pula Inggris bertahan mati-matian terhadap serangan udara Jerman-terkenal dengan julukan “Battle of Britain” dan Hitler tak pernah sanggup menginjakkan kaki di bumi Inggris.
Pasukan Jerman menaklukkan Yunani dan Yugoslavia di bulan April 1941. Dan di bulan Juni tahun itu pula Hitler merobek-robek “Perjanjian tidak saling menyerang” dengan Uni Soviet dan membuka penyerbuan. Angkatan Bersenjata Jerman dapat menduduki bagian yang amat luas wilayah Rusia tetapi tak mampu melumpuhkannya secara total sebelum musim dingin. Di pertengahan tahun 1942 Jerman sudah menguasai bagian terbesar wilayah Eropa yang tak pernah sanggup dilakukan oleh siapa pun dalam sejarah. Tambahan pula, dia menguasai Afrika Utara.

2.E - Masa Kemunduran dan Kejatuhan Hitler

Selama menjadi pemimpin Nazi, setidaknya Hitler pernah merasakan 6 kali percobaan pembunuhan terrhadap dirinya yang dilakukan oleh orang-orang terdekatnya. Namun usaha tersebut selalu gagal secara aneh. Puncaknya adalah pada Plot 20 Juli. Pada 20 Juli 1944, sekelompok militer Jerman pimpinan Kolonel Graf von Stauffenberg yang menentang rezim Hitler berencana meledakan Hitler di markasnya sendiri. Saat itu Hitler sedang mengadakan konfrensi militer di sebuah wisma kayu dekat Wolfsschanze (sarang serigala), markas besar Hitler. Kolonel von Stauffenberg membawa serta sebuah tas berisi bom waktu, dengan berpura-pura akan ke wc ia menitipkan tasnya kepada seorang opsir. Saat ia keluar itulah bom yang diletakan disamping kaki opsir itu meledak.
Namun Hitler lagi-lagi beruntung, saat itu ia sedang mendengarkan paparan dari salah seorang perwira. Posisinya yang membungkuk, menghadap peta-peta yang terpapar di sebuah meja kayu yang tebal. Hanya tangan kanannya yang lumpuh sementara, sedikit rambut hangus, pakaian robek, dan punggung terluka terkena reruntuhan bangunan. Akibat plot 20 Juli, 4980 orang Jerman dihukum mati. Sebagian dengan cara ditembak, termasuk Stauffenberg, dan sebagian lagi digantung dengan kawat piano.
Masa kejatuhan Hitler dimulai seusai dia menyerang Polandia, dan membuka perang dunia 2 kepada sekutu. Kemenangan gilang-gemilang dan mengejutkan dengan taktik Blitzkrieg yang diciptakannya sendiri membuat Inggris dan Perancis sadar akan berbahayanya Jerman. Namun dengan bantuan Amerika Serikat dan Uni Soviet, Ingris dan Perancis terus menerus menggempur pertahanan Hitler dari berbagai sisi. Titik balik peperangan terjadi pada paruh kedua tahun 1942 tatkala Jerman dikalahkan dalam pertempuran rumit di El-Alamein di Mesir dan Stalingrad di Rusia.
Awal kekalahan Hitler adalah saat menggempur Kota Kursk Uni Soviet dengan Operasi Citadel, kekuatan Jerman terdiri dari 800.000 infanteri, 2.700 tank lapis baja, 2.000 pesawat tempur dan dipimpin oleh Jenderal Erich Von Manstein dan Jenderal Walther Models sedangkan kekuatan Uni Soviet terdiri dari 1.300.000 infanteri, 3.600 tank, dan 2.400 pesawat tempur. Rencana serangan ini telah diketahui secara detail oleh intelejen Uni Soviet yang berada di Switzerland.
Stalin pun langsung memerintahkan tentaranya untuk membangun pertahanan kuat di kawasan Kursk. Di pertempuran inilah banyak sekali tank - tank andalan Jerman dan Uni Soviet hancur, diantaranya Tank Tiger, Panther, Elefant (Jerman) dan Tank T-34, SU -152, dan KV -1. Jerman mengalami pukulan mematikan di Stalingrad serta Serangan pukulan sekutu di Normandia dan gagal dalam Ardennes Offensive, yaitu serangan balasan yang dilakukan tentara Jerman atau Wehrmacht dan beberapa divisi panzer yang masih tersisa dipimpin Jenderal Mantauffel pada saat musim salju untuk merebut kembali Kota Antwerp di Belgia. Serangan ini berlangsung secara terseok -seok dan berakhir gagal karena kurangnya pasokan logistik dan bahan bakar untuk Panzer dari Jerman sehingga banyak panzer yang masih "Fresh from the Oven" seperti tank Tiger dan Panther teronggok di pinggir jalan karena kehabisan solar.
Berangsur-angsur kekuatan Nazi pun pudar. Hitler mulai merasa bahwa kekalahan telah tak bisa ditolak manakala saat tentara Russia sudah mulai berangsur mengalir dan memasuki kota Berlin. Ketika para panglima perangnya menyatakan sudah tak bisa lagi membendung serangan demi serangan yang dilancarkan, kini ia terpojok di bungker bawah tanah Berlin, ia sepakat untuk mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. Pada tanggal 30 April 1945, bersama dengan istrinya Eva Braun, wanita yang baru dinikahi 29 April, Hitler bunuh diri di sarang serigala.
Hitler menembak kepalanya sendiri sementara istrinya mati dengan menenggak kapsul sianida. Karena tak mau jasadnya jatuh ke tangan musuh, oleh karena itu ia berpesan sebelum mati kepada anak buahnya “setelah aku mati maka segera bakar bungker ini”. Ia sendiri meningal saat berusia 57 tahun 10 hari. Sedangkan para petingi Nazi lain yang masih hidup menyatakan menyerah kepada sekutu setelah Hitler wafat. Lalu mereka dipenjara fan dibawa ke pengadilan perang makhamah internasional, diantara mereka ada yang dihukum mati, penjara seumur hidup, atau dibebaskan. Setelah Perang Dunia 2 berakhir. Jerman sendiri dibagi menjadi 2 wilayah, yaitu Jerman Barat yang berada pada kekuasaan sekutu dan Jerman Timur yang berada pada kekuasan Uni Soviet. Hal ini terjadi akibat Perang Dingin. Tetapi pada akhir abad ke-20 kedua wilayah Jerman yang terpisah ini akhirnya bersatu kembali, setelah runtuhnya dan dihancurkannya Tembok Berlin.

Bab 3 - Penutup

Dengan kekuatannya Hitler dan Partainya Nazi mampu menaklukkan Eropa dalam waktu hanya 12 tahun. Dan selama 12 tahun itu pula paling tidak tercatat sebanyak 11 juta orang disiksa dan terbunuh. Mereka umunya adalah kaum minoritas (Gipsy, Yahudi, Slavia), lawan politik (komunis dan sosialis, serta liberal), dan kaum yang dianggap menyimpang (orang cacat, homoseksual). Namun, Nazi dan Hitler membayar segala kepedihan itu dengan mewujudkan mimpi yang tak pernah di umbar di muka yaitu mewujudkan kembali kejayaan Imperium jerman kuno, dan menaikkan hak ras rakyatnya sebagai ras arya. Nazi juga berhasil mengangkat kejayaan militer jerman dan merebut seluruh wilayah eropa kecuali swiss, spanyol, Liechtenstein, swedia, Portugal, Andorra, vatikan, dan pegunugan Ural. Namun cita-cita Reich ketiga sribu tahun tak bisa diwujudkan karena tanggal 30 April 1945 Hitler menyerah dengan cara mati bunuh diri.
Jika dilihat secara ringkas, maka ada satu rangkaian kata-kata sederhana yang ingin disampaikan oleh Hitler kepada dunia yaitu “ingin membangkitkan kembali kejayaan kekaisaran jerman kuno hingga seribu tahun, atau dalam istilah jerman saat itu Tausendjahriges Reich yang merupakan mimpi Hitler.
Dan Hitler selalu menyampaikan hal tersebut dalam setiap orasinya, karena ia yakin bahwa kata-kata tersebut dapat mengena di hati rakyat Jerman, yang diangap bisa membangkitkan semangat hidup, dan focus perjuangan bersama. Dan memang faktanya hal itu yang terjadi. Keyakinan tersebut dapat berkobar karena memang seluruh rakyat Jerman sudah bosan hidup belasan tahun di bawah cengkraman perjanjian Versailes.
Hiltler pun dapat memanfaatkan situasi tersebut dengan baik, ia memperkenalkan ajaran nasionalistik supernya lewat Nazi dan mengkambinghitamkan pihak-pihak yang menyebabkan Jerman kalah dalam PD I (Yahudi dan Komunis). Dan Hitler yang hanya seorang kopral dapat melakukannya, meski memang terlebih dahulu harus memperkuat partainya. Hitler dan Nazi pun membentuk simbiosis yang sangat mengejutkan, yaitu “Nazi bisa jadi partai besar karena sosok Hitler, dan bersama Hitler Nazi menguasai eropa, tetapi tanpa Partai Nazi Hitler tak berarti apa-apa”.
Sepak terjang Hitler membuat beberapa kontroversi.Ia merupakan penganjur diwujudkannya mobil murah untuk rakyat Jerman. Mobil ini dinamai Volkswagen/VW (mobil rakyat). Sampai saat ini mobil ini masih laris di pasaran. Perusahaan penerbangan Jerman Luftansa pun didirikan saat masa Hitler dan masih aktif hinga saat ini.
Ia juga menyalahkan komunisme dan Yahudi sebagai penyebab kebangkrutan ekonomi dunia. Untuk itu, ia berupaya untuk menghabisi kaum Yahudi, terutama di Eropa secara keji. Menurut kabar setidaknya ada 6 juta warga Yahudi yang terbunuh, namun menurut penelitian yang terakhir yang dilakukan oleh para peneliti dari Hongaria (Louis Marschalko) dan Perancis (Prof. Roger Garaudi dan Prof. Robert Farisun) mengatakan bahwa jumlah Yahudi saat itu di Eropa hanya berjumlah 1-1,5 juta orang. Yang ada dalam jangkauan Hitler hanya sekitar 500 ribuan saja. Data ini berarti menunjukan bahwa Yahudi telah memanipulasi data sebelumnya tentang jumlah korban agar mendapat simpati dari dunia.
Sampai sekarang di Jerman, dan beberapa Negara lain terdapat beberapa kelompok yang mengikuti pemikiran-pemikiran Hitler. Kelompok ini menamai diri mereka sebagai Kaum NeoNazi.

Bab 4 – Pendapat Penulis

Hitler adalah seseorang yang sesunguhnya memiliki sifat penakut, pemalas, dan egoistis. Namun semua itu berubah saat ia masuk ke dinas militer. Bayangkan saja, dia hanya seorang kopral rendahan yang tak pernah diperhitungkan sebelumnya. Namun apa yang dia lakukan pada dunia dengan tangannya. Dia membuat sejarah yang tak akan terlupakan. Dengan kemampuannya dan keberaniannya, ia telah membawa Jerman bangkit dari keterpurukan akibat kalah dalam PD I, ia telah membuktikan bahwa segala sesuatu yang diperjuangkan pasti akan didapat.
Kisah masa kecilnya yang menyedihkan ternyata sangat kontras dengan masa depannya, di bawah tangannya ia membawa Nazi menjadi partai bahkan merasuk menjadi sebuah Negara yang dapat menguasai hampir seluruh Eropa. Bila dikatakan bahwa ia adalah seorang dictator jelas saja iya, Karena ia berkuasa sesuai dengan kehendaknya dan menghalalkan segala cara agar tujuannya tercapai. Apapun itu segala keburukkannya, dia tetap punya sisi baik yang dapat dicontoh yaitu keberanian dan sikap pantang menyerah, meskipun di akhir hayatnya ia mati secara tragis karena pasrah dan menyerah secara tak terhormat.


Namun banyak peninggalan hasil pembangunannya yang masih dirasakan oleh rakyat Jerman hinga sekarang. Dan ia pulalah yang membawa semangat persatuan dan nasionalisme ke dalam diri rakyatnya.sehingga dapat mempersatukan Jerman yang sebelumnya terpisah, meski semangat itu dinilai berlebihan oleh sebagian besar orang.
Bahkan obsesi gilanya terhadap teori-teori Darwin dinilai sangat keterlaluan, namun sekali lagi ia membuktikan keberaniannya untuk tidak menghindar dan lari dari kritik, serta tetap konsisten pada jalan dan pola pikirnya sendiri.
Namun Hitler tetaplah seorang manusia, kejayaan yang sempat diraihnya bersama Jerman bukanlah hasil kerjanya sendiri, walau harus diakui keberhasilan memang datang dari pemikiran dan keberaniannya. Dari beberapa sumber yang saya baca setidaknya ada beberapa tokoh yang secara khusus ditempatkan oleh Hitler sebagai “Panglima Perang” sesuai kemampuan, dan dijadikan orang kepercayaan Hitler. Mereka adalah
1. Martin Bormann, bertugas sebagai manejer partai Nazi
2. Paul Joseph Goebless, bertugas sebagai ahli propaganda
3. Herman Wilhelm Goering, bertugas sebagai pemimpin militer dan Gestapo
4. Otto Skorzeny, bertugas sebagai prajurit khusus penyelamat pemimpin
5. Walter Richard Rudolf Hess, bertugas sebagai deputi Hitler
6. Heinrich Himmler, bertugas sebagai pemimpin SS
7. Otto Kretschmer, bertugas sebagai Panglima perang AL (Kreigsmarine)
8. Erwin Rommel, bertugas sebagai Panglima perang AD (Herr) dan Angkatan Bersenjata (Wehrmact) khusus Wlayah Gurun
9. Heinz Wilhelm Guderian, bertugas sebagai Pemimpin AD (Herr)
Sementara itu untuk membangun sector industri militer, Hitler menempatkan pula orang-orang kepercayaannya, mereka adalah :
1. Werner Karl Heisenberg, Perancang bom atom Jerman
2. Werner von Braun, Perancang Roket Jerman
3. Wilhelm Emil Messerchmitt, Perancang Pesawat tempur Jerman
4. Hans von Ohain, Perancang mesin Jet
Dengan kemampuan mempersatukan, dan kerja sama Hitler, Nazi, dan Jerman bisa membuat dunia ketar-ketir. Begitu pula dengan dasar perjuangannya, hanya semangat, keinginan, dan kecerdasan serta konsistensi lah yang digunakan Hitler untuk mencapai kejayaan dan merubah sejarah, dan siapa pun bisa melakukannya. Namun sayangnya, tujuan mulia Hitler berubah menjadi ketamakan karena termakan oleh nafsu, dan besar kepala, yang bukannya membawa kejayaan justru kehancuran untuk Jerman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar